Sabtu, 17 November 2012

Rumah Sasak Tempat Tinggal Tanpa Jendela


by Beemagz

Selain digunakan untuk berteduh, rumah juga merupakan tempat berkumpul bersama keluarga. Di dunia ini, banyak terdapat berbagai macam bentuk rumah . Salah satu rumah yang unik  adalah rumah Sasak yang akan sering kita lihat di Lombok.
Sasak adalah nama salah satu suku di Lombok, rumah Sasak dibangun secara bergotong-royong. Rumah orang-orang Suku Sasak biasa disebut rumah Sasak, adalah rumah berlantai segi empat yang beratap rumbia. Rumbia adalah sejenis tanaman palem yang tumbuh di rawa-rawa, tebal atap sekitar 15 sentimeter. Atap yang tertutup rumbia, mulai dari atap paling atap hingga paling bawah, adalah sepanjang 1,5 meter.
Daerah Lombok adalah daerah yang cukup panas, oleh karena itu rumah harus dibuat sesejuk mungkin dan bahannya pun murah serta mudah didapat. Nah, lapisan dinding luar rumah Sasak merupakan campuran lumpur, pupuk kandang dari kotoran kerbau, dan jerami, biarpun dibuat dari kotoran kerbau, dindingnya tidak bau lho! Suku sasak juga terkenal dengan bangunan lumbungnya.
Lumbung merupakan banguna berpilar empat dengan rangka-rangka dinding terbuat dari bilah-bilah bambu. Padi dimasukan ke lumbung melalui pintu atau jendela kecil yang terletak di bagian atas. Rumah Sasak tak memiliki jendela, dan didalamnya gelap. Di siang hari, orang-orang  Suku Sasak menghabiskan waktu diluar rumah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar