Kamis, 15 November 2012

Capung Jala Bertelurnya Unik



naskah Susilo foto Ads by google
Aku adalah makhluk dari keluarga serangga. Namaku adalah Capung Jala. Capung Jala adalah serangga yang mempunyai empat buah sayap yang lebar dan halus dengan bentuk seperti jala.
Jenisku yang masih ada di bumi adalah sekitar 700 macam. Semua itu terbagi dalam dua keluarga. Yaitu Capung  Jala Hijau dan Capung Jala Cokelat. Aku ,Capung Jala hijau memiliki keunikan dalam bertelur.
Saat bertelur, aku akan mengeluarkan terlebih dahulu cairan lengket  yang dibuat dari benang-benang halus. Kemudian benang halus tersebut  dilekatkan ke daun-daunan.
Setelah benang mulai mengeras, aku akan meletakkan telur-telurnya pada  ujung benang tersebut. Yang lebuh mengherankan lagi, benang-benang buatannya tak akan goyah oleh tiupan angin kencang dan badai.
Anak-anakku yang lahir disebut larva atau juga disebut undur-undur. Undur-undur ini merupakan larva atau serangga muda. Meskipun masih muda , aku termasuk pemburu yang ganas.
Larva atau undur-undur ini membuat lubang di pasir untuk menjebak semut dan serangga-serangga lain. Larva-larva yang menetas ini akan membuat kepompong dan dari dalamnya keluar sebagai capung jala dewasa.
Beberapa jenis larva capung jala meletakkan bangkai mangsanya pada punggungnya. Hal itu untuk membuat ia tampak seperti onggokan kotoran dan menyembunyikan dari incaran burung. Aku berguna bagi manusia lho karena mereka memakan serangga-serangga perusak atau hama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar